waktu

Assalamu'alaikum. Ya Ihkwa fillah selamat datang di blog KAMMIsupel( Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia komisariat IAIN sunan Ampel Surabaya). Di sinilah ajang berkumpul para Aktifis dakwah dalam menyalurkan pemikirannya demi Ummat manusia !!! KOMISARIAT SUNAN AMPEL MENGUCAPKAN AHLAN WASAHLAN BIHUDURIKUM bagi yg mau posting opini silakan mengirimnya di e-mail: kammi_supel@yahoo.com atau hub. kadep. Public Relation

Sabtu, 30 April 2011

Nasihat imam ghozali kepada para guru

Tidak mudah menjadi seorang guru, apalagi kalo muridnya mulai berulah, berbagai macam karakter dan sifat yang berbeda-beda.
mungkin kata 'sabaaarrr' ga cukup hanya dengan diucapkan.... tapi saat mereka mulai memahami yang kita berikan, tak terukur rasa bahagia itu, dan kita pasti bertekad tidak akan berhenti berbagi'...
dari beberapa pelajaran yang sudah dipelajari ana kepingin berbagi tentang cara menjadi guru yang baik, berikut kutipan nasihat hujjatul islam imam ghozali bagi para guru/pengajar yang sudah ana rangkum dari mata kuliah dari kampus:

  1. lemah lembut dan berkasih sayanglah pada anak-anak/murid, karena engkau sebagai orang tua bagi mereka.
  2. senantiasa menasihati dan mengarahkan pada kebaikan.
  3. melarang dengan cara kasih sayang bukan mencela, mendidik dengan cara mengarhkan bukan dg menakut nakuuti, memukul atau mengancam.
  4. tidk menjelek-jelekan ilmu lain (selain yang ia ajarkan).
  5. menjadi suritauladan bagi murid, sesuai perkataan dan perbuatan, karena mata anak/murid itu melihat dan telinganya mendengarkanmu. maka apa yang baik menurutmu akan baik menurut mereka, bagitu pula sebaliknya.
  6. membiasakan mereka untuk berakhlaqul karimah, seperti menghormati yang lebih tua darinya. sebagaimana engkau membiasakan mereka untuk tidk membuang ludah dan ingus dalam majelis.
  7. mengajarkan dengan cara bertahap, dan dapat ia fahami , dapat ditangkap oleh akalnya.
  8. tidk hanya mendiktenya sehingga membuatnya menjadi malas.membimbing untuk selalu bersikap tawashuth dalam pergaulannya.
  9. memiliki wibawa, penuh kesungguhan, bukan seorang yang suka berceloteh, tidk menampakkan wajah yang cemberut dan mengantuk di hadapan mereka.
  10. tidak meminta upah atas ilmu yang diajarkan tapi dengan niat karena Allah.



oleh SyamsUddin Sekum KAMMI Komsat IAIN Surabaya
hht/www. facebook.com syams uddin



Tidak ada komentar:

Album KAMMI SUPEL